PENGERTIAN PASAR DAN JENIS-JENIS PASAR



Pengertian pasar
1.      Pasar adalah tempat dimana pembli dan penjual bertemu dan berfungsi barang atau jasa tersedia untuk dijual, dan terjadi berpindahan hak milik.
2.      Pasar adalah jumlah seluruh permintaan barang atau jasa oleh pmebeli-pembeli (sering dikaitkan dengan istilah demand permintaan)
3.      William J. Stanton mengemukakan bahwa pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.

Jenis jenis pasar
Dalam menentukan criteria jenis-jenis pasar, kita berpedoman pada 4 O, yakni:
a.       Apa yang dibeli (object)
b.      Mengapa membeli (objective)
c.       Siapa yang membeli (organization)
d.      Bagaimana membelinya (operation)

Adapun jenis – jenis pasar adalah :
1.      Pasar konsumen
Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk di konsumsikan, bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Yang termasuk kelompok ini adalah pembeli individual/pembeli rumah tangga ( non bisnis )
Apa yang dibeli ? barang dan jasa konsumsi.
Mengapa membeli ? untuk memuaskan kebutuhan. Sedangkan timbulnya kebutuhan disebabkan oleh beberapa factor yakni : perkembangan fisik, social, ekonomi, dll
Siapa yang membeli ? satu, beberapa orang, atau mereka yang berada dalam suatu kelompok yang disebut unit pengambilan keputusan, keputusan, yang terdiri dari :
a.       Initiator yakni orang yang pertama kali mempunyai ide untuk membeli produk.
b.      Influencer yakni orang yang mempengaruhi keputusan dalam pembelian.
c.       Decider yakni orang yang menentukan secara sebagian atau secara keseluruhan keputusan pembelian.
d.      Purchaser yakni orang yang menentukan secara sebagian atau secara keseluruhan keputusan pembelian.
e.       Purchaser yakni orang yang melaksanakan pembelian.
f.       User yakni orang yang memakai atau mengkonsumsikan
Bagaimana membelinya ? dengan cara reminder buting atau suggestions buying. Reminder buying adalah pemblian tanpa direncanakan yang didasarkan pada ingatan. Sedangkan suggestions buying adalah pembelian tanpa direncanakan yang didasarkan pada suatu sasaran dari orang lain.
2.      Pasar produsen
Pasar produsen juga disebut pasar industry atau pasar bisnis adalah suatu pasar yang terdiri atas individu – individu, lembaga, atau organisasi yang membeli barang – barang untuk diproses lagi samapi menjadi produk akhir yang kemudian dijual atau di sewakan.
Apa yang dibeli ? barang dan jasa industry, antara lain:
a.       Bahan dasar dan komponen, contoh : gandum, semen, mesin, ban, dll.
b.      Barang – barang modal, contoh : computer, bangunan, forklift, mesin tik, dll
c.       Supplies dan service contoh : batu bara, konsultasi, periklanan dll
Mengapa membli ? untuk membantu / melancarkan usahanya dengan tujuan dapat memperoleh laba dari penjualan hasil produksinya.
Siapa yang membeli ? dapat dilakukan sendiri atau ditangani oleh suatu bagian atau departemen dalam organisasi / perusahaan tersebut, tergantung dari nilai pembeliannya.
Bagaimana membelinya ? terdapat 3 macam situasi yang berbeda yaitu :
a.       Tugas baru, artinya pembeli baru pertama kali akan membeli ( paling kompleks)
b.      Pembelian ulang, artinya pembeli sudah pernah melakukan pembelian barang yang sama, dan akan membali lagi untuk kedua atau ketiga kalinya.
c.       Pembeli terus menerus, artinya pembeli sudah berkali – kali melakukan pembelian barang yang sama.
3.      Pasar penjualan / pedagan perantara (reseller market)
Pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri dari individu dan organisasi yang memperoleh atau membeli barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba.
Apa yang dibeli ? barang yang akan dijual lagi. Hanya saja, barang yang dibelinya tidak diproses, melainkan barang langsung dijual lagi.
Mengapa membeli ? untuk mendapatkan laba.
Siapa yang membeli ? dapat dilakukan sendiri atau ditangani oleh suatu bagian / departemen dalam organisasi / perusahaan tersebut, tergantung dari nilai pembelinya.
Bagaimana membelinya ? pasar penjual berusaha mencari supplier atau produsen yang paling baik. Factor – factor yang di perhatikan : syarat pembayaran, pelayanan dll
4.      Pasar pemerintah
Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga – lembaga pemerintah, yakni: departemen, direktorat, dan instansi lain yang membeli atau menyewa barang – barang untuk membantu melaksanakan fungsi – fungsi pemerintah.
Apa yang dibeli ? barang dan jasa untuk keperluan di bidang pertahanan, dikbud, perkerjaan umum, kesehatan, kesejahteraan rakyat. Barang yang dibeli misalnya : pesawat terbang, kapur tulis, jasa konstruksi, dll. Secara umum, semua ini dapat dimasukkan ke dalam kelompok barang konsumsi dan barang industry.
Mengapa membeli ? untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.
Siapa yang membeli ? organisasi atau lembaga pemerintahan, baik pusat atau daerah.
Bagaimana membeli ? dengan penawaran secara terbuka (tender) atau kontrak perjanjian langsung dengan supplier untuk melaksanakan proyek.
5.      Pasar international
Pasar international meliputi beberapa Negara di dunia.
Apa yang dibeli ? barang atau jasa konsumsi maupun industry.
Mengapa membeli ? untuk memuaskan kebutuhan, atau untuk mendapatkan laba dengan menjualnya lagi, menyewakan, atau memproses menjadi barang lain untuk dijual, juga untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.
Siapa yang membeli ? pembelian dapat dilakukan oleh pembelian individual dan pembeli rumah tangga, pembeli industy, lembaga pemerintahan, dan pedagang. Dapat dikatakan bahwa pasar international merupakan kombinasi dari keempat jenis pasar yang telah dijelaskan di muka.

Bagaimana membelinya ? karena pihak yang menjual barang / jasa berada di Negara lain, maka pembelian dilakukan oleh pembeli / pasar (Negara tertentu) herus melalui prosedur perdagangan international yang mencakup ekspor – impor.
Load disqus comments

0 komentar