Pengertian
pasar
1.
Pasar adalah tempat dimana pembli dan
penjual bertemu dan berfungsi barang atau jasa tersedia untuk dijual, dan
terjadi berpindahan hak milik.
2.
Pasar adalah jumlah seluruh permintaan
barang atau jasa oleh pmebeli-pembeli (sering dikaitkan dengan istilah demand
permintaan)
3.
William J. Stanton mengemukakan bahwa
pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk
berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.
Jenis
jenis pasar
Dalam menentukan
criteria jenis-jenis pasar, kita berpedoman pada 4 O, yakni:
a.
Apa yang dibeli (object)
b.
Mengapa membeli (objective)
c.
Siapa yang membeli (organization)
d.
Bagaimana membelinya (operation)
Adapun jenis – jenis
pasar adalah :
1. Pasar konsumen
Pasar
konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk di
konsumsikan, bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Yang termasuk
kelompok ini adalah pembeli individual/pembeli rumah tangga ( non bisnis )
Apa
yang dibeli ? barang dan jasa konsumsi.
Mengapa
membeli ? untuk memuaskan kebutuhan. Sedangkan timbulnya kebutuhan disebabkan
oleh beberapa factor yakni : perkembangan fisik, social, ekonomi, dll
Siapa
yang membeli ? satu, beberapa orang, atau mereka yang berada dalam suatu
kelompok yang disebut unit pengambilan keputusan, keputusan, yang terdiri dari
:
a. Initiator
yakni orang yang pertama kali mempunyai ide untuk membeli produk.
b. Influencer
yakni orang yang mempengaruhi keputusan dalam pembelian.
c. Decider
yakni orang yang menentukan secara sebagian atau secara keseluruhan keputusan
pembelian.
d. Purchaser
yakni orang yang menentukan secara sebagian atau secara keseluruhan keputusan
pembelian.
e. Purchaser
yakni orang yang melaksanakan pembelian.
f. User
yakni orang yang memakai atau mengkonsumsikan
Bagaimana
membelinya ? dengan cara reminder buting atau suggestions buying. Reminder
buying adalah pemblian tanpa direncanakan yang didasarkan pada ingatan.
Sedangkan suggestions buying adalah pembelian tanpa direncanakan yang
didasarkan pada suatu sasaran dari orang lain.
2. Pasar produsen
Pasar
produsen juga disebut pasar industry atau pasar bisnis adalah suatu pasar yang
terdiri atas individu – individu, lembaga, atau organisasi yang membeli barang
– barang untuk diproses lagi samapi menjadi produk akhir yang kemudian dijual
atau di sewakan.
Apa
yang dibeli ? barang dan jasa industry, antara lain:
a. Bahan
dasar dan komponen, contoh : gandum, semen, mesin, ban, dll.
b. Barang
– barang modal, contoh : computer, bangunan, forklift, mesin tik, dll
c. Supplies
dan service contoh : batu bara, konsultasi, periklanan dll
Mengapa
membli ? untuk membantu / melancarkan usahanya dengan tujuan dapat memperoleh
laba dari penjualan hasil produksinya.
Siapa
yang membeli ? dapat dilakukan sendiri atau ditangani oleh suatu bagian atau
departemen dalam organisasi / perusahaan tersebut, tergantung dari nilai
pembeliannya.
Bagaimana
membelinya ? terdapat 3 macam situasi yang berbeda yaitu :
a. Tugas
baru, artinya pembeli baru pertama kali akan membeli ( paling kompleks)
b. Pembelian
ulang, artinya pembeli sudah pernah melakukan pembelian barang yang sama, dan
akan membali lagi untuk kedua atau ketiga kalinya.
c. Pembeli
terus menerus, artinya pembeli sudah berkali – kali melakukan pembelian barang
yang sama.
3. Pasar penjualan / pedagan perantara
(reseller market)
Pasar
penjual adalah suatu pasar yang terdiri dari individu dan organisasi yang
memperoleh atau membeli barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan
untuk mendapatkan laba.
Apa
yang dibeli ? barang yang akan dijual lagi. Hanya saja, barang yang dibelinya
tidak diproses, melainkan barang langsung dijual lagi.
Mengapa
membeli ? untuk mendapatkan laba.
Siapa
yang membeli ? dapat dilakukan sendiri atau ditangani oleh suatu bagian /
departemen dalam organisasi / perusahaan tersebut, tergantung dari nilai
pembelinya.
Bagaimana
membelinya ? pasar penjual berusaha mencari supplier atau produsen yang paling
baik. Factor – factor yang di perhatikan : syarat pembayaran, pelayanan dll
4. Pasar pemerintah
Pasar
pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga – lembaga pemerintah, yakni:
departemen, direktorat, dan instansi lain yang membeli atau menyewa barang –
barang untuk membantu melaksanakan fungsi – fungsi pemerintah.
Apa
yang dibeli ? barang dan jasa untuk keperluan di bidang pertahanan, dikbud,
perkerjaan umum, kesehatan, kesejahteraan rakyat. Barang yang dibeli misalnya :
pesawat terbang, kapur tulis, jasa konstruksi, dll. Secara umum, semua ini
dapat dimasukkan ke dalam kelompok barang konsumsi dan barang industry.
Mengapa
membeli ? untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.
Siapa
yang membeli ? organisasi atau lembaga pemerintahan, baik pusat atau daerah.
Bagaimana
membeli ? dengan penawaran secara terbuka (tender) atau kontrak perjanjian
langsung dengan supplier untuk melaksanakan proyek.
5. Pasar international
Pasar
international meliputi beberapa Negara di dunia.
Apa
yang dibeli ? barang atau jasa konsumsi maupun industry.
Mengapa
membeli ? untuk memuaskan kebutuhan, atau untuk mendapatkan laba dengan
menjualnya lagi, menyewakan, atau memproses menjadi barang lain untuk dijual,
juga untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.
Siapa
yang membeli ? pembelian dapat dilakukan oleh pembelian individual dan pembeli
rumah tangga, pembeli industy, lembaga pemerintahan, dan pedagang. Dapat
dikatakan bahwa pasar international merupakan kombinasi dari keempat jenis
pasar yang telah dijelaskan di muka.
Bagaimana
membelinya ? karena pihak yang menjual barang / jasa berada di Negara lain,
maka pembelian dilakukan oleh pembeli / pasar (Negara tertentu) herus melalui
prosedur perdagangan international yang mencakup ekspor – impor.
0 komentar