BELAJAR KOMUNIKASI NONVERBAL


Bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis adalah komunikasi nonverbal (nonverbal comunications). Contoh komunikasi nonverbal ialah menggunakan gerakan isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan kontak mata; penggunaan objek seperti pakaian, potongan rambut, dan sebagainya; simbol” serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi, dan gaya berbicara. Menurut teori antropologi, sebelum manusia menggunakan kata”, manusia telah menggunakan gerakan-gerakan tubuh, bahasa tubuh (body language) sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Contoh perilaku yang menunjukkan komunikasi nonverbal.
a.       Menggerakkan gigi utuk menunjukkan kemarahan
b.      Mengerutkan dahi untuk menunjukkan seseorang sedang berpikir
c.       Berpangku tangan untuk menunjukkan seseorang sedang melamun.
d.      Tersenyum dan berjaba tangan dengan orang lain untuk mewujudkan rasa senang, simpat, d an penghormatan
e.      Membuang muka untuk menunjukkan sikap tidak senang atau antipati terhadap orang lain
f.        Menggelengkan kepala untuk menunjukkan sikap menolak atau keheranan
g.       Menganggukkan kepala untuk menunjukkan tanda setuju atau OK

h.      Berbicara dengan mengambil jarak agak menjah untuk menunjukkan bahwa lawan bicara belum begitu dikenal dengan baik
i.         Menutup mulut dengan telapak tangan untuk menunnukkan suatu kebohongan.
j.        Telapak tangan yang terbuka untuk menunjukkan kejujuran
k.       Tangan mengepal untuk menunjukkan penuh percaya diri
l.         Gerakan kaki dan tangan secara tidak teratur, seperti orang yang kedinginan menunjukkan bahwa seseorang lagi gerogi
m.    Seseorang mengirikmkan  seuntai bunga kepada teman yang meraih sukses bisnis untuk menunjukkan rasa simpati dan ucapan selamat atas kesuksesannya
n.      Asbak diatas meja tamu untuk menunjukkan bahwa tamu diperbolehkan merokok
o.      Simbol dilarang merokok yang terpasang diruang tamu untuk menunjukkan bawa tamu dilarang merokok.
p.      Ruang tunggu sebuah bank disediakan tempat duduk untuk menunjukkan bahwa para nasabah akan dilayani dengan cepat tanpa harus menunggu lama.
Meskipun komunikasi nonverbal dapat diberi sendiri, namun sering kali berkaitan erat dengan ucapat (lisan). Berarti sering terjadi penggabungan antara komunikasi verbal dan nonverbal dalam suatu situasi. Tujuan komunikasi nonverbal menurut john V.thil dan courtland bovee:
a.       Menyediakan / memberikan informasi.
b.      Mengatur alur suatu percakapan
c.       Engekspresikan emosi
d.      Memberi sifat, melengkapi, menentang atau mengembangkan pesan” verbal
e.      Mengendalikan atau memengaruhi orang lain
Load disqus comments

0 komentar