PENGERTIAN DAN MACAM - MACAM LINGKUNGAN PEMASARAN



Lingkungan adalah seluruh elemen yang terdapat di luar organisasi dan mempunyai potensi untuk mempengaruhi bagian atau keseluruhan organisasi. Lingkungan pemasaran suatu perusahaan terdiri dari para pelaku dan kekuatan-kekuatan yang berasal dari luar fungsi menajemen pemsaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuan menajemen pemasaran utnuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses dengan para pelanggan sasarannya.

Lingkungan pemasaran di bedakan menjadi 2 yaitu lingkungan macro dan lingkungan mikro

Lingkungan micro
1.      Demografi
Demografi adalah hal-hal yang berkaitan dengan kependudukkan.
Contohnya:
a. Dari komposisi penduduk Indonesia dapat dilihat banyaknya anak usia sekolah, mengakibatkan meningkatnya keperluan akan perlengkapan sekolah.
b. Di Amerika Serikat orang cenderung membatasi jumlah anak, yang mengakibatkan jumlah permintaan akan mobil berukuran kecil meningkat.
2.      Kondisi perekonomian
Elemen-elemen meliputi: pertumbuhan ekonomi, tingkat kesenangan/perubahan pola pengeluaran konsumen, peredaran uang, dan tingkat inflasi.
3.      Lingkungan fisik
Factor lingkungan fisik berkaitan dengan terbatansnya sumber-sumber daya tertentu.
Misalnya: kekurangan bahan mentah (minyak) di masa mendatang.
4.      Lingkungan teknologi
Misalnya:
a.       Dengan adanya mesin foto copy, permintaan akan kertas karbon berkurang.
b.      Anggaran riset yang besar, terutama untuk bidang-bidang : senjata, pesawat terbang, perlengkapan elektronik dan komunikasi, produk kimia, dan yang berkaitan dengan mesin dan bukan penemuan besar.
5.      Lingkungan politik/hokum
Pengaruh yang ditimbulkan oleh kerangka politik dan hokum yang berlaku tidak hanya berasal dari lembaga-lembaga pemerintahan saja, melainkan juga dari gabungan / asosiasi dari penguasaha itu sendiri .
Misalnya: kebijakan pemerintah/perundang-undangan
6.      Lingkungan sosial/budaya
Elemen-elemen yang mempengaruhi antara lain: cara hidup, nilai-nilai sosial, kepercayaan, dan kesenangan.
7.      Persaingan
Persaingan dapat berasal dari perusahaan lain dalam industry yang sejenis atau perusahaan lain yang menghasilkan barang/jasa substitusi.

Lingkungan micro
1.      Perusahaan
a.       Sumber-sumber non pemasaran
Antara lain meliputi: produksi, keuangan, personalia, lokasi, riset dan pengambangan. Jika perusahaan ingin menambah produk baru, perlu dipertimbangkan apakah peralatan yang ada mampu digunakan, atau perlu penambahan alat baru, disini aspek keuangan sangat menentukan.
Marketing mix
Marketing mix adalah kombinasi dari 4 variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan, yakni: prudct, price, promotion, dan place (4P).
Product, meliputi perencanaan dan pengembangan produk (produk apa, pemberian merek, pengemasan dll).
Price, elemen-elemen yang berkaitan adalah harga dasar, penentuan kebijakan discount, ongkos kirim dll.
Promotion, komponen yang digunakan untuk mempengaruhi pasar. Kegiatannya meliputi: iklan, hubungan masyarakat, dll
Place, meliputi distribusi, lokasi, persediaan, dan transportasi.
2.      Pemasok
Banyak pemasok lebih suka membeli bahan mentah dari berbagai sumber untuk menghindari ketergantungan yang berlebihan pada satu supplier saja, yang mungkin akan menaikkan harga secara sewenang-wenang atau membatasi jumlah penyediaan bahan. Biasanya perusahaan atau para agen pembeli akan membina hubungan baik jangka panjang dengan pemasok.
3.      Perantara pemasaran (marketing intermwdiaries), terdiri dari:
Perantara yakni perusahaan dagang yang membantu perusahaan untuk menemukan pembeli. Terdapat 2 tipe perantara yakni:
a.   Agen perantara : yang mencari dan menemukan para pelanggan dan atau melakukan perjanjian dengan pihak lain, tapi tidak memiliki barang dagang itu sendiri.
b. Pedagang perantara : yang membeli suatu produk, memilikinya, dan kemudian menjual kembali sebgai barang dagangan.
Kegunaan perantara : kegunaan tepat, waktu , kuantitas, rupa-rupa, dan cara memperoleh barang
·       Perusahaan distribusi fisik : membantu perusahaan dalam penyimpanan (contohnya : perusahaan pergudangan) dan pemindahan produk dari tempat asalnya ke tempat-tempat perngiriman yang dituju (contohnya : perusahaan transportasi).
·  Perusahaan agen jasa pemasaran, misalnya dengan menggunakan jasa biro advertaising, atau bagian/departemen di dalam perusahaan itu sendiri yang menanganinya.
·         Perantara keuangan , misalnya : bank, dan perusahaan asuransi.
4.      Para pelanggan
Sebagai pasar sasarannya adalah: pasar konsumen, pasar industry, pasar penjual kembali dll.
5.      Masyarakat
Masyarakat merupakan kelompok yang mempunyai minat nyata atau yang masih terpendam atau yang memberikan dampak terhadap kemampuan organisasi untuk mencapai sasaran-sasarannya.

Macam-macam masyarakat :
a.       Masyarakat keuangan, contohnya : bank, pemegang saham.
b.      Masyarakat media : contohnya : TV, Koran dll.
c.       Masyarakat pemerintah, biasanya berkaitan dengan policy pemerintah.
d.      Masyarakat pembela kepentingan umum, contohnya : gerakan anti metal bulu.
e.       Masyarakat setempat, yakni masyarakat disekitar tempat perusahaan berlokasi, biasanya dilakukan penyaluran bantuan atau hubungan masyarakat.
f.       Masyarakat umum, misalnya dilakukan dengan memberikan sumbangan,, sponsorship, dll, yang biasanya dilakukan untuk meningkatkan brand image
g.      Masyarakat intern perusahaan, yakni dengan membentuk positive thinking, positive opinion, positive motivation, dll.


Load disqus comments

0 komentar