Lingkungan adalah
seluruh elemen yang terdapat di luar organisasi dan mempunyai potensi untuk
mempengaruhi bagian atau keseluruhan organisasi. Lingkungan pemasaran suatu
perusahaan terdiri dari para pelaku dan kekuatan-kekuatan yang berasal dari
luar fungsi menajemen pemsaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuan menajemen
pemasaran utnuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses dengan
para pelanggan sasarannya.
Lingkungan
pemasaran di bedakan menjadi 2 yaitu lingkungan macro dan lingkungan mikro
Lingkungan
micro
1. Demografi
Demografi
adalah hal-hal yang berkaitan dengan kependudukkan.
Contohnya:
a. Dari
komposisi penduduk Indonesia dapat dilihat banyaknya anak usia sekolah,
mengakibatkan meningkatnya keperluan akan perlengkapan sekolah.
b. Di
Amerika Serikat orang cenderung membatasi jumlah anak, yang mengakibatkan
jumlah permintaan akan mobil berukuran kecil meningkat.
2. Kondisi perekonomian
Elemen-elemen
meliputi: pertumbuhan ekonomi, tingkat kesenangan/perubahan pola pengeluaran
konsumen, peredaran uang, dan tingkat inflasi.
3. Lingkungan fisik
Factor
lingkungan fisik berkaitan dengan terbatansnya sumber-sumber daya tertentu.
Misalnya:
kekurangan bahan mentah (minyak) di masa mendatang.
4. Lingkungan teknologi
Misalnya:
a. Dengan
adanya mesin foto copy, permintaan akan kertas karbon berkurang.
b. Anggaran
riset yang besar, terutama untuk bidang-bidang : senjata, pesawat terbang,
perlengkapan elektronik dan komunikasi, produk kimia, dan yang berkaitan dengan
mesin dan bukan penemuan besar.
5. Lingkungan politik/hokum
Pengaruh
yang ditimbulkan oleh kerangka politik dan hokum yang berlaku tidak hanya
berasal dari lembaga-lembaga pemerintahan saja, melainkan juga dari gabungan /
asosiasi dari penguasaha itu sendiri .
Misalnya:
kebijakan pemerintah/perundang-undangan
6. Lingkungan sosial/budaya
Elemen-elemen
yang mempengaruhi antara lain: cara hidup, nilai-nilai sosial, kepercayaan, dan
kesenangan.
7. Persaingan
Persaingan
dapat berasal dari perusahaan lain dalam industry yang sejenis atau perusahaan
lain yang menghasilkan barang/jasa substitusi.
Lingkungan
micro
1. Perusahaan
a. Sumber-sumber
non pemasaran
Antara lain meliputi: produksi,
keuangan, personalia, lokasi, riset dan pengambangan. Jika perusahaan ingin
menambah produk baru, perlu dipertimbangkan apakah peralatan yang ada mampu
digunakan, atau perlu penambahan alat baru, disini aspek keuangan sangat
menentukan.
Marketing mix
Marketing mix adalah kombinasi dari 4
variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan,
yakni: prudct, price, promotion, dan place (4P).
Product,
meliputi
perencanaan dan pengembangan produk (produk apa, pemberian merek, pengemasan
dll).
Price,
elemen-elemen
yang berkaitan adalah harga dasar, penentuan kebijakan discount, ongkos kirim
dll.
Promotion,
komponen
yang digunakan untuk mempengaruhi pasar. Kegiatannya meliputi: iklan, hubungan
masyarakat, dll
Place,
meliputi
distribusi, lokasi, persediaan, dan transportasi.
2. Pemasok
Banyak
pemasok lebih suka membeli bahan mentah dari berbagai sumber untuk menghindari
ketergantungan yang berlebihan pada satu supplier saja, yang mungkin akan
menaikkan harga secara sewenang-wenang atau membatasi jumlah penyediaan bahan.
Biasanya perusahaan atau para agen pembeli akan membina hubungan baik jangka
panjang dengan pemasok.
3. Perantara pemasaran (marketing
intermwdiaries), terdiri dari:
Perantara
yakni perusahaan dagang yang membantu perusahaan untuk menemukan pembeli.
Terdapat 2 tipe perantara yakni:
a. Agen
perantara : yang mencari dan menemukan para pelanggan dan atau melakukan
perjanjian dengan pihak lain, tapi tidak memiliki barang dagang itu sendiri.
b. Pedagang
perantara : yang membeli suatu produk, memilikinya, dan kemudian menjual
kembali sebgai barang dagangan.
Kegunaan
perantara : kegunaan tepat, waktu , kuantitas, rupa-rupa, dan cara memperoleh
barang
· Perusahaan distribusi fisik : membantu
perusahaan dalam penyimpanan (contohnya : perusahaan pergudangan) dan
pemindahan produk dari tempat asalnya ke tempat-tempat perngiriman yang dituju
(contohnya : perusahaan transportasi).
· Perusahaan agen jasa pemasaran, misalnya
dengan menggunakan jasa biro advertaising, atau bagian/departemen di dalam
perusahaan itu sendiri yang menanganinya.
·
Perantara keuangan , misalnya : bank,
dan perusahaan asuransi.
4. Para pelanggan
Sebagai
pasar sasarannya adalah: pasar konsumen, pasar industry, pasar penjual kembali
dll.
5. Masyarakat
Masyarakat
merupakan kelompok yang mempunyai minat nyata atau yang masih terpendam atau
yang memberikan dampak terhadap kemampuan organisasi untuk mencapai
sasaran-sasarannya.
Macam-macam
masyarakat :
a. Masyarakat
keuangan, contohnya : bank, pemegang saham.
b. Masyarakat
media : contohnya : TV, Koran dll.
c. Masyarakat
pemerintah, biasanya berkaitan dengan policy pemerintah.
d. Masyarakat
pembela kepentingan umum, contohnya : gerakan anti metal bulu.
e. Masyarakat
setempat, yakni masyarakat disekitar tempat perusahaan berlokasi, biasanya
dilakukan penyaluran bantuan atau hubungan masyarakat.
f. Masyarakat
umum, misalnya dilakukan dengan memberikan sumbangan,, sponsorship, dll, yang
biasanya dilakukan untuk meningkatkan brand image
g. Masyarakat
intern perusahaan, yakni dengan membentuk positive thinking, positive opinion,
positive motivation, dll.
0 komentar