PENGERTIAN KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN


Secara estimologis, komunikasi bretujuan untuk merubah tingkah laku, berubah p[ola piker, atau sikap orang lain untuk dapat membangun kebersamaan mencapai ide yang sama demi satu tujuan yang sama . sedangkan secara ontologism, komunikasi yaitu perhubungan dan pengoperan arti, nilai, pesan melalui media atau lambing-lambang apakah itu bahasa lisan, tulis ataupun isyarat . secara aksiologis, komunikasi yaitu proses pemindahan pesan dari komunikator kepada komunikan.
Komunikasi secara umum yaitu suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, dan gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling memengaruhi di antara pihak lain agar terjadi saling memenaruhi di anatra pihak komunikan dengan pihak komunikator.
Berikut ini pengertian komunikasi menurut beberapa pakar.
a.       William albig
Komunikasi yaitu proses pengoperan lambing-lambang yang berarti antara individu. (Communication is the prosses of transmitting meaning full symbols between individuals-buku public opinion).
b.      bennard berelson dan Gray A. Steinner (1964 : 527)
nebdefinisikan komunikasi : “Communication : the transmission of information, edeas, emotions, skills, etc.by the uses of symbol”
Komunikasi yaitu transmisi informasi, gagasan,emosi,kterampilan dan sebagainya. Tindakan atau proses transimi itulah yang biasanya disebut komunikasi).
c.       Onong Uchyana Effendy dalam bukunya “komunikasi : teori dan praktik”
mengatakan komunikasi hakikatnya yaitu proses penyimpanan pikiran atauperasaan oleh komunikator kepada komunikan.
d.      Menurut Wilbur Schram
dalam uraiannya “ How Communication Work” mengatakan komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu communion atau common. Bilamana kita mengadakan komunikasi itu berarti membagikan informasi… agar si penerima maupun pengirim sepahanm atau suatu pesan tertentu. (ccommunication comes from latin,  communion =common when we communication are the sender tuned together for a particular message). Jadi esensi komunikan yaitu menemukan dan memadukan si penerima dan si pengirim.
Load disqus comments

0 komentar