Tidak peduli
apakah Anda hanya karyawan biasa, Anda bisa menjadikan diri Anda sebagai
karyawan yang selalu diingat, diananti, dan dipuji oleh atasan dan rekan kerja
lainnya. Berapa banyak karyawan yang ada di perusahaan tempat Anda bekerja?
Tentu Anda tidak mengingat wajah atau nama dari mereka semua. Tentu yang Anda
ingat hanya beberapa karyawan yang prestasinya menonjol, mereka yang supel dan
mudah bersosialisasi, atau yang penampilannya menarik bagi Anda.
Pertanyaannya,
mengapa ada karyawan yang begitu lekat di benak karyawan lainnya sedangkan ada
yang tidak? “Semuannya adalah persoalan menciptakan brand atau imej bagi diri sendiri, yang tentunya berbeda dengan
karyawan yang lain,” jawab konsultan karier Martin Lindstrom, seperti dikutip
dari aol.com.
Menurut
Martin, dengan persaingan kerja yang semakin ketat, jita Anda tak memiliki imej
yang berbeda dengan orang lain, maka Anda hanya akan diingat sebagai karyawan
“pada umunya”. Dengan membuat imej bagi diri sendiri, berarti Anda sudah
membuat strategi jitu untuk bertahan hidup sekaligus menjadi orang yang
“terlihat” di tempat kerja. Lalu bagaimana caranya membuat imej bagi diri
sendiri? Martin member beberapa paduan untuk dicoba. Berikut tipnya: temukan
karakter Anda (dan yang tidak sesuai dengan Anda)
Cari
tahu, apakah yang membedakan Anda dengan rekan kerja yang lain? Apakah Anda
orang yang selalu tepat waktu, penuh tanggung jawab, dan berdikasi? Apakah Anda
tipe karyawan yang selalu santai dalam bekerja, namun selalu bisa menghasilkan
karya yang baik?
Salah
satu cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan atau memberitahukan orang lain
“siapa diri Anda” ialah dengan melakukan sebuah “tugas kecil” setiap harinya
yang berhubungan dengan pekerjaan Anda.
Martin
member contoh, jia Anda seorang kasir di supermarket, mungkin Anda bisa
memerhatikan perilaku konsumen, misalnya, apakah konsumen perempuan lebih
senang membeli air mineral atau soft
drink. Penemuan ini bisa jadi berguna bagi manajemen atau supervisor, dan
Anda akan selangkah lebih maju dibandingkan rekan yang lain.
1. Dikenal satu hal
Saat Anda menyebut satu merek
terkenal, Anda pasti langsung mengasossiasiakan merek tersebut dengan satu
sifat tertentu. Misalnya saja menyebut Google, maka yang teringat adalah mesin
pencari, Volvo alias mobil yang aman, atau cowboy
yang erat di Amerika.
Sekarang pikirkan apa yang ada di
benak orang orang lain saat mengingat Anda. Apakah seorang pendengar yang baik,
mentor yang baik, orang yang lucu, atau orang yang sangat cepat menyelesaikan
pekejaan.
Jika Anda belum menemukan karakter
tersebut, maka citptakan dan berlakulah seperti imej tersebut. Usahakan imej
tersebut terdiri dari satu kata saja karena akan memudahkan orang lain
mengingatnya. Lagi pula, dengan begitu banyak informasi yang masuk ke otak, hal
yang sifatnya terlalu panjang dan detail akan susah dihafalkan.
2. Komunikasikan imej Anda
Jika Anda sudah menemukan karakter
atau imej yang ingin Anda kembangkan, mulailah mengomunikasikannya, salah
satunya lewat jalur on-line. Misalnya Anda ingin dikenal
sebagai orang yang lucu, maka Anda bisa membuat cerita lucu di blog Anda.
Mengapa lewat jalur on-line, karena internet adalah media
terampuh yang saat ini ada. Jika ingin lebih efektif, coba buat cerita lucu
dari sudut pandang yang berbeda, provokatif, atau mengejutkan, yang bisa
menimbulkan banyak respons dari orang lain. Dengan begitu, imej atau karakter
Anda akan lebih menonjol.
3. Ciptakan tampilan khas
Jika perilaku Anda sudah menunjukkan
karakter atau imej Anda, maka perkuatlah dengan tampilan luar Anda. Jika Anda
ingin dikenal sebagai orang pintar yang cool, maka gaya sepert Presiden Amerika
Serikat Barack Obama bisa Anda tiru. Atau jika Anda ingin dikenal sebagai orang
yang serius tapi santai, maka tampilan atau dandanan kasual, namun trendi bisa
Anda coba.
Tetaplah bergaya yang sesuai dengan
imej atau karakter yang ingin Anda bentuk di tempat kerja. Jika Anda konsisten
dengan gaya tersebut, bisa jadi Anda akan menjadi selebriti kantor atau
setidaknya gaya Anda akan selalu diperhatikan oleh karyawan lainnya.
4. Buat tanda diri yang menarik
Tanda diri bisa berarti kartu nama
atau tanda yang biasa ditinggalkan saat mengirim e-mail. Jika Anda membuat
kartu nama sendiri cobalah sertakan logo atau symbol yang menarik. Buatlah logo
yang mengombinasikan dua hal yang bertentangan, misalnya monyet terbang seperti
yang ada di Qizard of Oz. tentunya monyet tak bisa terbang bukan? Tapi hal yang
bertentangan ini justru akan mudah diingat orang.
Tanda lainnya bisa Anda berikan pada
setiap akhir pesan dalam e-mail Anda. Tanda tersebut bisa kata-kata singkat,
symbol, atau apa pun yang menarik, unik, dan tidak terlupakan. Ingatlah, bahwa
tanda-tanda atau karakter yang Anda ciptakan ini membantu Anda untuk lebih
mudah dikenal dan diingat orang.
0 komentar