Perusahaan sebagai Sistem Bisnis






Pengertian perusahaan
            Perusahaan adalah satu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat.

Sumber-sumber ekonomi
            Perusahaan bertugas mengolah sumber-sumber ekonomi atau sering juga disebut sebagai faktor-faktor produksi.
            Sumber-sumber ekonomi tersebut dapat dikelompokkaan kedalam:
1.      Manusia (Men)
2.      Uang (Money)
3.      Material (Materials)
4.      Metode (Methods)

Seringkali keempatnya dikenal dengan “4M”
1.      Manusia/men, disini tidak hanya berperan sebagai tenaga kerja diperusahaan namun juga berperan sebagai konsumen dari produk perusahaan. Pada masa sekarang herus diusahakan agar tenaga kerja betul-betul menjadi mitra atau partner bagi peruhaan untuk mencapai tujuan peruhaan, sebab meskipun sudah banyak digunakan mesin-mesin tetapi factor manusia masih tetap berperan didalamnya. Perusahaan perlu memperhatikan bagaimana cara mengolah tenaga kerja dengan sebaik-baiknya.
2.      Uang/modal usaha, yaitu sejumlah uang atau barang yang dibeli dengan uang tersebut untuk membuat barang yang lain. Barang modal disini adalah mesin, alat-alat transportasi, peralatan pabrik dan lain-lain. Karena itu perusahaan harus mengusahakan bagaimana keuangan dikelolah dengan cermat.
3.      Material, berpengaruh sekali terhadap kelancaran proses produksi. Termasuk disini adalah bahan baku, bahan pembantu, tanah untuk proses produksi serta bahan lain sebagai penunjang proses produksi.
4.      Metode, yaitu merupakan suatu cara atau teknis pelaksanaan kerja misalkan pengambilan keputusan, pemberian idea tau inisatif, dan pemikiran yang kesemuanya ditujukan agar pengelolaan sumber-sumber ekonomi dapat berjalan lancar. Singkatnya didalam metode ini ialah pelaksanaan manajemen dalam perusahaan atau pengolaaan perusahaan. Bagaimana agar dengan sumber ekonomi yang adanya serba terbatas itu dapat diwujudkan barang/jasa yang dapat memuaskan konsumen serta sekaligus dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Pada masa sekarang ini, pemuasaan kebutuhan masyarakat (konsumen) akan dapat tercapai apabila didukung oleh system pelayanan yang baik dari pihak perusahaan.
Load disqus comments

0 komentar