Futurology



            Secara sederhana futurology berasal dari kata “future” yang artinya masa depan dan “logos” yang artinya ilmu, jadi futurology ilmu yang mempelajari kondisi masa depan. Kondisi yang dilihat dari segi “kemungkinan” sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Futurology masih dalam perdebatan antara seni atau disiplin ilmu. Define lain menganggap futurology adalah salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang prediksi masa depan dari sudut pandang, baik menyangkut social, politik, ekonimi, juga keyakinan dan musnahnya suatu bangsa dan Negara. Futurologi merupakan sebuah disiplin ilmu meramal masa depan berdasarkan perhitungan multi sudut pandang atas fenomena yang terjadi pada hari ini.
            Secara spesifik futurology mempelajari sebuah system dunia yang besar dan rumit, bukan ilmu gaib ramal-meramal masa depan. Futurology sangat terkait dengan perkembagan teknologi dan peradaban manusia. Karena peradaban manusia dan teknologi tidak lepas dari kondisi masyarakat atau kumpulan manusia itu sendiri. Kecanggihan teknologi dan kemajuan peradaban adalah suatu yang  pasti dalam fitrah manusia.

            Prediksi dari mobil terbang, wisata ke bulan, kebangkitan china sampai perang nuklir adalah beberapa yang mungkin akan terjadi dimasa depan/. Intinya ialah futurology memiliki sebuah pokok permasalahan “apa yang akan terjadi di masa depan?
Load disqus comments

0 komentar