Belajar Dari Kisah Rapunzel dan Maknanya

Seperti dongeng pada umumnya, kisa Rapunzel mempunyai makna yang lebih dalam. Itu adalah kisa tentang citra diri. Rapunzel adalah seorang gadis yang disekap di sebuah puri oleh seorang nenek sihir yang terus-menerus membicarakan keburukan wajah Rapunzel. Suatu hari, saat pengeran tampan melewati menara tempat Rapunzel disekap dan mengatakan kepada Rapunzel betapa cantik wajahnya. Rapunzel mengeluarkan rambut kepangnya (tampaknya begitu panjang), sehingga si pangeran bisa memanjat dinding menara dan menyelamatkan dirinya.

Sebenarnya bukan puri atau si nenek sihir yang menyekap Rapunzel, tetapi keyakinannya tentang keburukan dirinya. Ketika ia mengetahui kecantikan dirinya, yang tercermin melalui wajah si pangeran tampan, ia menyadari bahwa ia bisa bebas.


Kita semua perlu hati-hati dengan nenek atau nenek-nenek sihir dalam diri kita yang menghalangi kita untuk membebaskan diri. 

Jadi kita harus bisa mempercayai diri kita sendiri dan yakin akan adanya kekuatan yang ada pada dalam diri kita. Jangan sampai kita dipengaruhi oleh orang lain yang dapat membuat kita menuju jalan yang salah. 
Load disqus comments

0 komentar