Peraih Nilai tertinggi UNas


Label anak pintar pasti melekat di sosok peraih nilai tertinggi dalam ujian nasional (UN). Tetapi, sosok yang satu ini jauh dari kesan itu. 

Di mata Kepala Sekolah SMAK Kanisius Jakarta, Romo J. Heru Hendarto, SJ, Ryan Aditya Moniaga adalah siswa aktif dan berprestasi. Romo Heru pun tidak heran jika Ryan berhasil meraih nilai UN tertinggi nasional tahun ini. Menempuh ujian di kelompok IPA, Ryan lulus dengan nilai UN murni 58,05. 

"Dia bukan kutu buku, tapi dia maniak baca dan sosialisasinya di sekolah pun juga bagus," ucap Romo Heru, saat berbincang dengan Okezone di SMAK Kanisius, Jakarta Pusat, Selasa (20/5/2014).

Sang kepala sekolah menilai, Ryan sangat aktif di sekolahnya. Sehari-hari, dia menjadi tutor bagi teman-temannya. Sebagai tutor, Ryan membantu siswa lain dalam memahami perlajaran. 

Romo Heru sendiri salut dengan keaktifan Ryan ini. Menurutnya, di saat banyak siswa enggan menjadi guru bagi teman sebayanya, tidak demikian halnya dengan Ryan. "Dengan menjadi tutor sebaya, justru Ryan dapat mengasah kemampuannya dan berhasil meraih prestasi," imbuhnya. 

Secara akademik Ryan selalu mencatatkan prestasi gemilang. Sejak semester satu hingga lima, Ryan selalu mendapatkan rata-rata nilai peringkat pertama. Peringkat ini turun menjadi posisi ketiga di semester enam. Meski demikian, predikat sebagai peraih nilai UN tertinggi se-Indonesia menjadi prestasi yang terbaik dan menjadi kebanggaan sekolah.

Tidak hanya secara akademik, Ryan juga aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Di bidang seni, dia memilih bergabung dengan Canisius Wind Ensemble dan menjadikan flute sebagai instrumen musik pilihannya.

Sebagai pemain musik CWE, Ryan terlibat dalam berbagai kegiatan konser. Misalnya, Konser Musik-Simfoni untuk Negeri pada 5 Mei lalu, CWE Charity Concert Tegal dan Purwokerto 2013 serta CWE Goes to Germany 2014. Di bidang organisasi, Ryan pernah menjadi Panitia Seksi Presentasi Jurusan, Edufair pada 2012 dan Anggota seksi Cerdas Cermat-Casanova 2013.

"Sedangkan di bidang olahraga, Ryan berlatih servis dan smash di lapangan voli," beber Romo Heru
Load disqus comments

0 komentar