Produk ekspor indonesia


JAKARTA - Pertumbuhan ekspor Indonesia disinyalir akan terus membaik, terutama setelah Bank Dunia memperkirakan kenaikan pada pertumbuhan ekonomi dunia. Bank Dunia memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi dunia sebesar 3,2 persen (yoy) pada 2014.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak mengatakan, kondisi tersebut tentu membawa kebaikan terutama bagi ekpor di Indonesia, oleh karena itu Kementerian Perdagangan pertumbuhan ekspor Indonesia sebesar 4,1 persen pada 2014 dengan nilai mencapai USD190 miliar. 

Target peningkatan ekspor 2014 tersebut dilakukan berdasarkan pertumbuhan produk ekspor yang terbagi dalam kategori produk utama (main products), produk prospektif (prospective products), dan produk nonmigas lainnya. 

"Berdasarkan target pertumbuhan ekspor pada 2014, maka diperlukan peran aktif dari stakeholders, terutama kalangan dunia usaha. Melalui kerja sama ini diharapkan mampu menjadi poros kemitraan strategis dalam setiap usaha peningkatan kinerja ekspor,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (15/5/2014).

Sepuluh produk yang termasuk dalam produk utama yaitu
1. Crude palm oil (CPO) dan turunannya
2. Tekstil dan produk tekstil (TPT)
3. Elektronik
4. Karet dan produk karet
5. Produk kayu
6. Pulp dan furnitur, 
7. Produk kimia
8. Produk logam dan mesin–mesin
9. Makanan olahan
10. Otomotif.
Load disqus comments

0 komentar