Perawatan kulitbadan agar lebih halus dan cerah (part 1)


Cara kita merawat kulit badan ada dua maccam, ialah:
1.       Seluruh tubuh badan, kaki, dan tangan digosok dengan lulur, atau juga disebut bedak mangir
2.       Dengan jaln mandi rempah atu berendam dalam air rempah_rempah keduanya macam cara ini penulis akan rerangkan yang sejelas jelasnya.
A.      Cara pemakaian lulur atau bedak mangir:
Bedak mangir atau lulur tersebut dicampur dengan sedikit air sebagaimana memakai bedak dingin pada kulit muka. Kalau sudah dicampur dengan sedikit  air terus digosokkan keseluruh tubuh bafan beserta kedua kaki  dan tangan. Biasanya memakai bedak mangir dapat dilakukan tiga kali dalam seminggu. Bagi para remaja maupun putrid yang menjelang pernikahan baiknya memakai beak mangir tiap-tiap akan tidur beturut-turut selama satu minggu sebelum pernikahan.
Hsiat bedak mangir / llur ini ialah:
Untuk membersihkan kotoran” atau debu”kering yang menempel pada kulit dan yang menutupi pori” . juga untuk menyegarkan badan. Lagi pula kulit badan kelihatan bersih. Bercahaya rasanya segar dan juga berbau sedap. Sebab bedak mangir bahannya terdiri dari tepung beras yang berhasiat untuk membersihkan kotoran” yang menempel pada kulit. Juga  ada temugirinya berhasiat  untuk menguningkan dan menghaluskan kulit. Juga ada kayu manis kayu manis  dan  kayu mesoyi  berhasiat untuk mengharumkan dan menyegarkan badan, Untuk resep pembuatan bedak akan di beri tahukan untuk tulisan selanjutnya.
B.      Sekarang  saya akan menerangkan cara merawat kulit badan dengan jalan mandi rempah atau berendam dalam air rempah”. Pertama kali kita sediakan air dingin 5 gayung atau sekitar 6 liter
Ramuan yang kita siapkan ialah:
1.       Pandan                     :5 lembar (diiris” lembut)
2.       Jeruk purut               :2 buah
3.       Temu giring              :1/4kg
4.       Daun kemuning        :1/4 kg
5.       Serai                        :3 batang
6.       Kayu manis              :1 ons
Cara membuatnya:
a.       Pandan diiris” lembut
b.      Jeruk purut masing” dibelah jadi dua
c.       Temu giring dikupas kulitnya, dan diiris”
d.      Daun kemuning dibuang tangkainya
e.      Serai di cuci bersih
f.        Kayu manis dicuci bersih
Enam bahan direbus dengan air yang sudah disiapkan 5gayung sampai mendidih. Kalau sudah diturunkan dari atas jerangan api. Kemudian air yang sudah disaring dengan kain tipis, kemudian di campur dengan air dingin sekiranya air tersebut menjadi hangat” kuku
Load disqus comments

0 komentar